PDAM WAY SEKAMPUNG KABUPATEN PRINGSEWU DAPATKAN PREDIKAT SEHAT DARI BPKP

SHARE

Pringsewu, 18 Agustus 2023.  Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Way Sekampung kabupaten Pringsewu untuk pertama kalinya setelah 10 Tahun berdiri memperoleh predikat “SEHAT” oleh BPKP Perwakilan Provinsi Lampung dan Opini “WTP” (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) dari penilaian Kinerja yang telah dilaksanakan.

Direktur PDAM Way Sekampung Muhammad Hatta mengatakan, “ BPKP dan KAP telah  melakukan penilaian Kinerja Tahun Buku 2022 yang dilakukan di Tahun 2023, hasil dari penilaian kinerja tersebut telah di bahas bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu (Asisten 2 Pemkab/Dewas PDAM dan Dinas-dinas terkait) beberapa waktu yang lalu, sebelum dilakukan Audit Kinerja oleh BPKP Perwakilan Provinsi Lampung terlebih dahulu dilakukan Audit Keuangan Oleh KAP dengan hasil WTP “.

Atas dukungan Pemerintah Daerah dan semua Stakeholder, PDAM Way Sekampung dapat memperoleh predikat Kinerja “SEHAT” dan Opini “WTP”. Dengan modal penilaian kinerja ini membuktikan bahwa PDAM Way Sekampung dari tahun ke tahun semakin membaik dan tentu lebih baik lagi dengan Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang akan dilakukan pada masa mendatang.

Prestasi yang didapat saat ini merupakan Support Pemerintah Daerah dan Stakeholder yang telah terbangun serta dukungan yang mampu memberikan persaingan tersendiri bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang maju dan berkembang.

Direktur PDAM Way Sekampung Kabupaten Pringsewu berharap "dengan adanya hasil penilaian tersebut kita tidak boleh merasa puas justru harus lebih ditingkatkan lagi, mengingat semakin kedepan tantangan pengelolaan Perusahaan akan semakin berat  ”. 

Semoga dengan adanya predikat sehat tersebut Pemerintah Pusat dan Daerah berkontribusi penuh terhadap perluasan cakupan pelayanan Air Bersih PDAM Way Sekampung sehingga program pemerintah Pusat untuk mensukseskan 100% Air Minum Layak, 15% Air Minum Aman dan 30% target akses air minum perpipaan di tahun 2024 dapat terpenuhi.

Upaya yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah meningkatkan Kinerja Perusahaan. PDAM Way Sekampung telah melakukan berbagai program peningkatan perusahaan dalam hal Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan (K4). 

Upaya meningkatkan pencapaian Kinerja yaitu dengan menambah jam pelayanan Distribusi air ke pelanggan dari 12 jam menjadi 22 jam perhari, perbaikan kebocoran pipa distribusi, Diskon Biaya Penyambungan Baru  untuk pelanggan rumah tangga ( sampai dengan tanggal 31 Agustus 2023 ), Penggantian Water Meter Pelanggan, Peningkatan SDM Pegawai (pelatihan) dan mengoptimalkan Unit-unit Pelayanan Kecamatan Pringsewu, Gadingrejo dan Banyumas. Untuk Unit Pelayanan Pringsewu sedang dilakukan rehab Water Treatmen Plant (WTP) bumi arum yang berkapasitas 75L/dt dan bantuan Sambungan Pelanggan (SL)  gratis bersumber dari Anggaran APBN dan APBD Tahun Anggaran 2023.