Cara Menghemat Air PDAM Agar Tagihan Tidak Bengkak

SHARE

Air adalah salah satu kebutuhan yang tidak akan pernah terlepaskan dari kebutuhan manusia. Banyak cara untuk mendapatkan air bersih dirumah, salah satunya adalah dengan berlangganan air di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Jika menggunakan air PDAM maka setiap bulannya perusahaan air minum akan memberikan tagihan sesuai dengan jumlah pemakaian. Bila tidak cermat dalam penggunaan air maka bisa terjadi pembengkakan tagihan yang tentunya dapat menguras isi kantong.

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan tagihan, pelanggan dapat mengikuti tips dan trik untuk menghemat air PDAM.

  1. Mematikan Keran Jika Sudah Tidak di Gunakan

Jika ingin menghemat tagihan air dirumah , pastikanlah untuk selalu mengingat dan membiasakan untuk mematikan keran air. Apalagi ketika anda dalam kondisi tidak menggunakannya, dengan begitu risiko air terbuang dapat diminimalkan.

  1. Tampung Air Sebagai Antisipasi Jika Terjadi Gangguan Air Mati

Saat memasuki musim hujan. Anda dapat menampung air hujan dengan menggunakan ember maupun wadah lainnya. Air tersebut dapat digunakan untuk menyiram tanaman serta mencuci motor dan mobil, sehingga anda bisa menghemat jumlah air yang digunakan.

  1. Pastikan Tidak Ada Kebocoran Keran Air PDAM

Pastikan untuk selalu memeriksa pipa atau saluran air untuk mengecek apakah terjadi kebocoran. Jika memang terjadi kebocoran, maka segera hubungi kantor PDAM terdekat untuk dapat segera mengecek dan memperbaiki masalah tersebut.

  1. Gunakan Air PDAM Seperlunya

Tips menghemat air dirumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan tidak membiarkan keran mengalir Ketika sedang mencuci piring atau saat menggosok gigi. Selain itu anda dapat mengurangi waktu mandi dan menggunakan shower untuk membantu mengurangi pemakaian.

  1. Efisien Dalam Menggunakan Air PDAM

Salah satu cara mengefisienkan pemakaian air adalah dengan mengetahui waktu yang tepat dalam menggunakan air. Ketika kita menggunakan air secara berlebihan dan tidak efisien, secara tidak langsung ikut membantu dalam pemborosan sumber daya air yang berharga.

Demikian tips dan trik dalam menghemat air PDAM. Dengan menerapkan tips diatas, kita dapat menjaga keberlanjutan sumber daya air dan berkontribusi pada konservasi air dan menciptakan lingkungan yang lebih baik di generasi mendatang.

AYO HEMAT AIR!