AIr PDAM Bau Kaporit? Gak Bahaya Tah??

SHARE

Pelanggan Pernah Mencium Bau Kaporit Dari Air PDAM Nya? Bahaya Gak Ya??

Kaporit, atau kalsium hipoklorit, adalah bahan kimia yang dapat digunakan untuk membantu penjernihan air dan membunuh bakteri. Kaporit dapat membantu memurnikan air minum dari kontaminan yang dapat membahayakan kesehatan manusia, seperti bakteri, virus, dan bahan organik lain. Ada macam-macam manfaat dari kaporit antara lain :

1. Sebagai Desinfeksi Air

Kaporit efektif dalam membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme patogen lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan menggunakan kaporit, PDAM dapat memastikan bahwa air yang didistribusikan aman untuk dikonsumsi.

2 Dapat Mengontrol Bau dan Rasa

Kaporit dapat menghilangkan bau tidak sedap dari air, yang sering disebabkan oleh kontaminasi biologis atau bahan organik. Ini membantu meningkatkan kualitas dan rasa air yang disediakan.

3. Menjamin Kualitas Air

Kaporit memastikan bahwa air yang disediakan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, dengan mengeliminasi potensi bakteri dan bahan asing yang dapat mencemari air. Ini merupakan bagian dari proses pengujian dan pengendalian kualitas air.

Air PDAM Way Sekampung Pringsewu sudah diuji kesehatan dan kualitas air nya melalui UPTD Balai Kesehatan Bandar Lampung. Dengan syarat air yang ingin dikonsumsi dapat dimasak terlebih dahulu agar lebih aman.

Air PDAM yang berbau kaporit aman untuk dikonsumsi. Bau kaporit adalah tanda bahwa air telah melalui proses klorinasi untuk membunuh bakteri dan virus. Air minum yang diproduksi oleh PDAM juga sudah melalui serangkaian proses lain, seperti uji fisik dan sisa klor, serta uji mikrobiologi di laboratorium.

Kadar klorin yang aman dalam air minum adalah 0,2 - 1,0 mg/L atau 0,2 - 1,0 ppm (parts per million) dan batas klorin tidak boleh melebihi 5 mg/L atau 5 ppm.

Kadar tersebut sudah mengikuti ketentuan dari Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Jadi jangan takut lagi ya jika air PDAM kalian berbau Kaporit, karena air yang berbau kaporit sudah dipastikan aman!laugh